Kamis, 10 Februari 2011 - 23:22:35 WITA
Disdukcapil Kekurangan Blangko E-KTPDiposting oleh : anonymous
Kategori: Topologi - Dibaca: 386 kali

BANJARBARU - Masyarakat banyak mengeluhkan tentang blanko kartu tanda penduduk (KTP) yang telah habis di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sejak.

Salah satu warga Landasan Ulin Maulida mengatakan, masyarakat banyak yang kecewa karena sudah seminggu menunggu untuk mendapatakan blanko ktp. “Saya sendiri kecewa juga, selain itu ada juga yang marah-marah karena urusan ktp yang berbelit,” ucapnya kepada Wartawan, Jumat (7/8) kemarin.

Dikatakannya, harus menunggu untuk mendapatkan blanko tersebut dan diminta menelpon nomor yang tertera di surat keterangan pengganti KTP.
“Saya diminta harus menelpon ke nomor ini (tunjuknya ke nomor yang tertera di surat keterangan di KTP),” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil tidak mau berkomentar dan diwakili oleh Kepala Bidang Kependudukan Dedy Soetoyo mengatakan, sejak dua minggu lalu sudah kehabisan blanko KTP karena tidak ada kiriman dari kementrian dalam negeri.

“Kewenangan penyedia blanko di kementrian dalam negeri, sekaran sudah proses lelang dan sedang menunggu pemenang lelalang,” imbuhnya.

Diungkapkannya, sejauh ini sudah dimintakan 10 ribu  untuk ketersedian blanko yang akan diserahkan oleh pihak kementrian dalam negeri. Salah satu piranti pendukung kekurangan seperti ribon, film dan cleaning  yang merupakan kewenangan provinsi untuk memenuhinya.

“Daerah ini hanya user(penyampai) saja dan itu semua kewenangan kementrian dan provinsi untuk menyediakan blanko atau semacamnya itu,” pungkasnya.

Dengan kekurangan tersebut pihaknya sudah mengantisipasi dengan surat keterangan penggati ktp. Dengan surat pengganti tersebut fungsinya sama dengan ktp dan bisa digunakan untuk bank atau keperluan lainnya.

“Tidak ada alasan untuk menolak surat keterangan itu bagi pihak bank karena sudah masuk kedalam databes semua dan bisa dicek,” tandasnya.

Disampaikannya, dalam sehari rata-rata 100 ktp dengan segala jenis bentuk misal ktp ilang, pengganti ktp atau ktp yang sudah habis masanya.
“Masyarakat perlu tau juga, kita sudah bekerja semaksimal mungkin untuk mendapatkan pelayanan terbaik bagi mereka.” Tutupnya.


    Copyright © Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarbaru. 2017. Theme Design by Rian