Selasa, 30 Mei 2017 - 14:31:13 WITA
Kapan Disdukcapil Kota Banjarbaru Bisa Menyusul yang lain dalam hal Pelayanan Publik...Diposting oleh : anonymous
Kategori: Teknologi - Dibaca: 47592 kali

Dinas Dukcapil Tanah Datar Masuk Top 40 Inovasi Pelayanan Publik

Tanah Datar – Inovasi layanan publik dengan nama Oase Sahabat Hati yang digagas Dinas Dukcapil Kabupaten Tanah Datar masuk kategori Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2017. 

Inovasi Oase Sahabat Hati tentu mendapat apresiasi dan tanggapan positif dari Ditjen Dukcapil Kemendagri. Saat ini dan ke depan, Ditjen Dukcapil terus mendorong pemerintah daerah melalui Dinas Dukcapil kabupaten/kota, untuk terus memberikan layanan terbaik dan menghadirkan negara di tengah-tengah masyarakat. 

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi didampingi Kadis Dukcapil Elizabeth, Sekretaris Dukcapil Armen Yudhi dan Kabag Organisasi Adriyanti Rustam mempresentasikan inovasi tersebut di Kemen-PAN dan RB, Jakarta, belum lama ini. Tim penilai merupakan para akademisi, peneliti, dan praktisi yang diketuai JB Krstiadi.

Setidaknya, ada 3.054 inovasi yang mendaftar dan berjuang untuk masuk Top 40 Inovasi Pelayanan Publik di Kemen-PAN dan RB. Dan program Oase Sahabat Hati menjadi salah satu program yang mendapat penghargaan tersebut. 

Oase Sahabat Hati yang dipilih menjadi tagline Inovasi Pelayanan Publik Dinas Dukcapil, menurut Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, merupakan akronim dari Online Anywhere Service, Satu Hari Banyak Tempat, Harapan Terpenuhi. “Inovasi ini sebagai wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Tanah Datar dalam memenuhi hak setiap warganya untuk memiliki dokumen kependudukan”, jelas Tarmizi. 

Inovasi seperti ini memiliki peran yang sangat penting dalam pelayanan publik, terlebih dengan kondisi geografis Tanah Datar yang tidak bersahabat. Beberapa kendala yang biasa dihadapi seperti topografi wilayah yang bergelombang, sebagian nagari jauh dari pusat kota, kendala jalan dan transportasi, tingginya biaya perjalanan, dan masih rendahnya kesadaran masyarakat masyarakat akan pentingnya tertib administrasi kependudukan.

Oase Sahabat Hati, yang salah satu layanannya melakukan jemput bola, hadir menjawab berbagai permasalahan tersebut. 

Berbagai kunjungan Bupati melalui program Bupati Sehari Berkantor di Nagari, masih masih ditemukan banyak masyarakat yang belum memiliki dokumen kependudukan seperti KTP-el, KK dan Akta Kelahiran. “Maka saya senantiasa membawa Dinas Dukcapil di samping Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja, BPJS dan Baznas ke nagari”, jelas Bupati.

Sementara itu, Kadis Dukcapil, Elizabeth mengaku Program Bupati Berkantor Sehari di Nagari menjadi pilar utama suksesnya program Oase Sahabat Hati. 

“Pelayanan di kantor Dukcapil tetap berjalan seperti biasa, dan bagi masyarakat yang tidak biasa ke kantor Dukcapil, kita jemput bola ke nagari-nagari sesuai jadwal yang telah kita sampaikan dan tahun 2017 ini mencakup 28 nagari,” ulas Elizabeth.

OASE Sahabat Hati memanfaatkan mobil pelayanan keliling dengan jaringan online yang terhubung dengan server Dukcapil. Saat masyarakat menerima layanan, secara otomatis datanya tersimpan. “Proses verifikasi dan validasi langsung di tempat, langsung dicetak di lokasi dan pelayanan ini gratis tanpa dipungut biaya”, lanjut Elisabeth. Dukcapil***

Ditulis Pada 05 Mei 2017 12:32 WIB

tambahan dari admind.

Judul adalah pertanyaan yang sampai sekarang tidak terjawab.


Copyright © Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarbaru. 2017. Theme Design by Rian