Kamis, 24 Agustus 2017 - 11:13:25 WITA
L A R I S A Y Layanan Kependudukan Sehari SelesaiDiposting oleh : anonymous
Kategori: Serba-serbi - Dibaca: 658 kali

Dinas Kependudukan & Pencatatan Sipil Kota Banjarbaru sukses sedikit demi sedikit membenahi layanan administrasi kependudukan. Dengan merintis optimalisasi perangkat teknologi informasi yang dimiliki, kini pelayanan kepada masyarakat telah jauh lebih efektif dan efisien. Bila sebelumnya membutuhkan waktu sampai dengan 14 (empat belas) hari untuk antrian pendaftaran, sekarang warga masyarakat cukup menunggu sehari saja. 
Layanan Sehari Selesai ato dikenal dengan LARI SAY telah ditetapkan oleh Walikota Banjarbaru sebagai slogan pada Dinas Kependudukan & Pencatatan Sipil Banjarbaru berdasarkan SK Walikota Banjarbaru Th. 2017. LARI SAY selain bermakna sebagai slogan Layanan Sehari Selesai juga mempunyai arti filosofi.
Lari mengandung makna pergerakan/bergerak terus (tidak berhenti) untuk melakukan perubahan menuju pada tujuan yang telah ditentukan. Sedangkan SAY bermakna panggilan atau ajakan dengan penuh kelembutan, kehangatan dan kasih sayang. Jadi secara filosofi LARI SAY bermakna juga mengajak seluruh komponen atau stakeholder yang terkait baik internal organisasi maupun eksternal untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik dengan ajakan yang penuh kehangatan sehingga dengan sadar dan ikhlas untuk mendukung upaya upaya perbaikan yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan & Pencatatan Sipil Kota Banjarbaru.
Kadis Dukcapil Kota Banjarbaru  Dra.Hj. Sri Fatma Karmailita, MM menegaskan perihal perbaikan layanan tersebut dan sepenuhnya pengurusan segala jenis urusan kependudukan maupun pencatatan sipil sudah tidak dipungut biaya alias GRATIS, serta diupayakan agar semakin efektif dan efisien. Karena sudah menjadi komitmen pihaknya, mengingat   terpenuhinya administrasi kependudukan merupakan hak warga masyarakat.

  Apresiasi positif Walikota Banjarbaru H.Nadjmi Adhani terhadap inovasi Lari Say.Tak hanya menyingkat waktu pelayanan, juga untuk memberikan kenyamanan lebih, seperti mengakomodasi kebutuhan parkir, ruang tunggu yang nyaman sampai kamar kecil bagi pengunjung. “Warga dulu harus datang sepagi mungkin. Bahkan tidak jarang mereka ambil antrean sejak dini hari demi bisa dilayani kebutuhannya. Namun kini tidak lagi, karena dengan pola baru pelayanan kami, waktu sudah semakin singkat,” lanjutnya.

Kepala Bidang PIAK dan Pemanfaatan Data, Drs. Bambang Supriyanto, MT, mengakui aplikasi yang ada sudah cukup dan terintegrasi dengan Pusat data Kependudukan di Kementerian Dalam Negeri RI. Menurutnya dengan adanya inovasi LARI SAY untuk menyingkat waktu pelayanan, juga tak lepas dari tuntutan masyarakat yang tak ingin berlama-lama lagi mengurusi kebutuhan administrasi Kependudukan mereka. Inovasi ini juga diapresisi dengan sangat positif oleh Walikota Banjarbaru H.Nadjmi Adhani dan Wakil Walikota H. Darmawan Jaya. Sosialisasi Lari Say juga telah dilakukan di 5 (lima) wilayah Kecamatan Kota Banjarbaru pada bulan Mei 2017. Hal ini agar masyarakat dapat lebih mengetahui dan memahami apa itu Lari Say atau Layanan Sehari Selesai.

 

Menurut Kabid PIAK, Lari Say telah dibuatkan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan untuk saat ini baru 5 (lima) layanan administrasi kependudukan yang dapat dilayani dengan Layanan Sehari Selesai yaitu :

  1. Penerbitan Surat Keterangan (SUKET) pengganti KTP-el
  2. Penerbitan Kartu Keluarga Baru
  3. Penerbitan Surat Pindah Datang (SKP WNI)
  4. Penerbitan Akta Kelahiran s.d 60 Hari
  5. Penerbitan Akta Kematian

Masyarakat dapat menikmati layanan LARI SAY, menurut Ibu Hj Sri Fatma apabila memenuhi ketentuan sebagai berikut :

  1. Berkas lengkap dan benar
  2. Berkas diterima sebelum jam 11 siang
  3. Berkas permohonan diurus sendiri (tidak dikuasakan) lebih diutamakan

Apabila masyarakat memenuhi ketentuan tersebut diatas maka masyarakat dapat mengambil berkas dokumen kependudukan yang telah selesai pada hari itu juga setelah jam 14.00 Wita sampai dengan jam kantor tutup, lanjutnya.
Dalam waktu dekat ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, akan melaunching pemanfaatan elektronik formulir atau e-Form berbasis IT sehingga masyarakat pengguna layanan dapat mengunduh seluruh formulir administrasi kependudukan melalui website resmi. “Ini akan mempermudah masyarakat untuk mendapatkan formulir dan juga mempersingkat waktu sehingga masyarakat tidak bolak balik” lanjut Kadisdukcapil Banjarbaru. Walaupun secara manual Disdukcapil Banjarbaru tetap masih menyediakan formulir di Kantor Disdukcapil maupun di Kelurahan Kelurahan timpalnya.

Kabid PIAK dan pemanfaatan data Drs Bambang Supriyanto, MT mengamini apa yang disampaikan oleh Kadisdukcapil, bahwasanya e-form akan bisa diakses oleh masyarakat luas melalui website Disdukcapil dengan alamat disdukcapil.banjarbarukota.go.id . Saat ini lanjut Bambang S, e-form yang sudah bisa diunduh dilaman website Disdukcapil Banjarbaru barulah yang terkait dengan Lari Say. Bidang PIAK saat ini sedang mempersiapkan penguploadan semua formulir kependudukan (e-form) dan nanti akan sesegeranya dilaunching lanjutnya.

Ruang pelayanan Disdukcapil.

Dra. Hj Sri Fatma bahkan meyakini, layanan tersebut bahkan masih bisa dipersingkat lagi dan ditingkatkan lagi kedepannya apabila kendala keterbatasan personel sudah bisa diatasi dibarengi dengan peningkatan sarana dan prasarana yang ada. Dan sebagai pesan kepada seluruh masyarakat Banjarbaru atau pengguna layanan administrasi kependudukan JANGAN MENGURUS MELALUI CALO karena tidak ada biaya atau pungutan apapun. Untuk itu lanjut Sri Fatma agar masyarakat memberikan umpan balik dan melaporkan apabila ditemui adanya CALO atau pungutan.

 

Copyright © Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarbaru. 2017. Theme Design by Rian