Jumat, 09 Juli 2019 - 09:49:16 WITA
Maklumat PelayananDiposting oleh : Administrator
Kategori: Umum - Dibaca: 30 kali

Sebagai sebuah organisasi perangkat daerah yang memberikan pelayanan penerbitan dokumen-dokumen kependudukan dan pencatatan sipil kepada masyarakat, maka Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarbaru tidak lepas dari peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang pelayanan publik. Sesuai dengan pasal 4 Undang-undang No 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarbaru harus memberikan pelayanan berasaskan:

  1. Kepentingan Umum
  2. Kepastian Hukum
  3. Kesamaan Hak
  4. Keseimbangan Hak dan Kewajiban
  5. Keprofesionalan
  6. Partisipatif
  7. Persamaan perlakuan/tidak diskriminatif
  8. Keterbukaan
  9. Akuntabilitas
  10. Fasilitas dan perlakuan khusus bagi kelompok rentan
  11. Ketepatan waktu
  12. Kecepatan, kemudahan dan keterjangkauan

 

Dengan kalimat maklumat pelayanan yang berbunyi : “Dengan ini kami menyatakan sanggup menyelenggarakan pelayanan sesuai standar pelayanan yang telah ditetapkan, dan apabila tidak menepati janji kami ini, kami siap menerima sanksi sesuai peraturan yang berlaku.” Maka maklumat itu merupakan janji kami selaku karyawan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarbaru dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

Maklumat pelayanan adalah pernyataan tertulis yang berisi keseluruhan rincian kewajiban dan janji yang terdapat dalam standar pelayanan. Sedangkan standar pelayanan adalah tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau dan terukur.

Sebuah maklumat pelayanan harus diartikan sebagai sebuah tanggungjawab besar yang disandarkan pada seluruh karyawan dari para pengguna layanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarbaru. Pengaharapan besar bahwa karyawan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarbaru memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai standar pelayanan yang telah ditetapkan.

Maklumat pelayanan merupakan bentuk legalitas yang memberikan hak kepada masyarakat pengguna layanan untuk mendapatkan akses pelayanan publik yang sesuai dengan harapan dan kebutuhannya, perlindungan atau pengayoman, kepastian biaya dan waktu penyelesaian, mengajukan keluhan, pengaduan dan melakukan pengawasan.  Sebuah maklumat pelayanan membawa konsekuensi besar.

Maklumat pelayanan adalah salah satu bukti kesungguhan pemberi layanan publik untuk menerapkan prinsip – prinsip good governance ( transparansi, akuntabilitas, keterbukaan dan keadilan) dalam memberikan pelayanan kepada masyarakatnya. Masyarakat harus mengetahui maklumat tersebut dan memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk menyalurkan keinginan dan sarannya serta melakukan pengawasan dan aduan bila ada ketidaksesuaian antara yang dijanjikan dengan praktek pelaksanaannya.

Dengan adanya maklumat pelayanan tersebut, tentunya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarbaru berusaha untuk dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai standar pelayanan yang berlaku, dan semoga maklumat tersebut bukan sekedar slogan, tapi benar–benar merupakan falsafah nilai–nilai yang diyakini dan dilaksanakan oleh seluruh karyawan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarbaru sesuai dengan tugas pokok, fungsi dan kewenangan. Dengan demikian, maklumat pelayanan bukanlah sekedar selembar kain yang ditandatangani, dipigura, ditempel di dinding dan kemudian….berdebu!

#GISA

Dukcapil Bisa !

 


Copyright © Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarbaru. 2019. Theme Design by Rian