Senin, 02 Agustus 2019 - 14:45:59 WITA
Banjarbaru Punya Kampung Tertib Administrasi KependudukanDiposting oleh : Administrator
Kategori: Umum - Dibaca: 71 kali

BANJARBARU Dalam Rangka meningkatkan tertib administrasi kependudukan di masyarakat, Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banjarbaru mendirikan Kampung Tertib Administrasi Kependudukan (KTA), di Kelurahan Loktabat Utara Kecamatan Banjarbaru Selatan sebagai slah satu inovasi di tahun 2019.

KTA ini suatu kampung atau kelurahan telah memiliki dokumen kependudukan dan pencatatan sipil yang lengkap melalui kegiatan turun kampong oleh petugas Disdukcapil.

Hal itu diungkapkan Kepala Disdukcapil Kota Banjarbaru Dra. Hj. Sri Fatma Karmailita, MM bahwa program ini lahir semata-mata untuk menghadirkan pemerintah di tengah-tengah masyarakat dan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan yang inovatif, cepat, akurat, dan tentunya gratis dengan tujuan membahagiakan warga masyarakat.

Tujuan Kampung Tertib Administrasi Kependudukan (KTA) ini juga adalah sebagai langkah dari pemerintah untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya doumen kependudukan dan pencatatan sipil serta masyarakat pun dapat merasakan langsung pelayanan excellent dari pemerintah, terjaminnya keabsahan dokumen dan masyarakat yang enggan mengurus kekantor juga dapat memanfaatkan kegiatan ini untuk didapatkan  dokumen kependudukan baik itu Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, KTP-el, Kartu Identitas Anak (KIA) dan dokumen kependudukan lainnya .

Dalam kesempatan ini juga Kepala Disdukcapil Kota Banjarbaru secara simbolis menyerahkan dokumen kependudukan kepada masyarakat di 10 RT di Kelurahan Loktabat Utara Kecamatan Banjarbaru Utara berupa Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, KTP-el, dan Kartu Identitas Anak (KIA).

Seperti halnya perekaman keliling data KTP-el ke sekolah-sekolah dalam hal ini SMA/SMK se Kota Banjarbaru, bagi siswa/warga berumur 16 tahun juga dapat diakamodir untuk perekaman data KTP-el nya melalui kegiatan KTA ini, sehingga apabila sudah memasuki usia 17 tahun KTP-elnya dapat langsung dicetak dan diserahkan kepada yang bersangkutan.

Dengan didirikannya Kampung Tertib Administrasi Kependudukan (KTA) ini, Pemerintah Banjarbaru melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil bertekad mensukseskan program ini untuk dapat menyadarkan masyarakat akan pentingnya sebuah dokumen kependudukan, sehingga terciptanya masyarakat tertib administrasi


Copyright © Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarbaru. 2019. Theme Design by Rian