Rabu, 18 September 2019 - 15:50:44 WITA
Nilai Survey kepuasan Masyarakat Semester I 2019Diposting oleh : Administrator
Kategori: Umum - Dibaca: 256 kali

Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) Semester I Tahun 2019 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarbaru adalah 89,81 yang artinya Sangat Baik. Hasil ini sesuai dengan ketetapan PERMENPAN RB No.14 tahun 2017 dimana nilai Survey Kepuasan Masyarakat(SKM) berada pada Interval 88,31 – 100,00 sehingga mutu pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarbaru dinyatakan A atau Kinerja Pelayanan Kependudukan Sangat Baik.

Unsur tertinggi dalam penilaian kepuasan masyarakat ada pada unsur Kewajaran Biaya/Tarif dalam Pelayanan. Pada unsur kewajaran Biaya/Tarif dalam pelayanan mendapatkan nilai 3,94. Hasil ini menunjukan bahwa mutu pelayanan dalam hal Kewajaran Biaya/Tarif dalam Pelayanan berada pada interval 88,31 - 100,00 dengan nilai mutu pelayanan A yang artinya Kewajaran Biaya/Tarif dalam Pelayanan Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarbaru sudah SANGAT BAIK.

Kemudian pada unsur terendah terdapat pada unsur Kompetensi Petugas dalam memberikan Pelayanan dan unsur Perilaku Sopan Santun Petugas dalam memberikan pelayanan yang sama- sama mendapatkan nilai 3,47. Hasil ini menunjukan bahwa unsur tersebut berada di interval 76,61 – 88,30. Berdasarkan hasil tersebut walaupun kedua unsur tersebut mendapatkan nilai terendah dalam nilai interval tetapi mutu pelayanan masih dinilai BAIK.

Untuk tindak lanjut perbaikan yang direkomendasikan adalah berdasarkan keluhan dan saran yang diambil dari kesimpulan penilaian diatas, yaitu sebagai berikut:

  1. Penambahan SDM atau petugas pelayanan pada loket terutama verifikator penerima berkas kelengkapan diri.
  2. Lebih inten atau sering mensosialisasikan hal-hal berupa kelengkapan berkas yang harus dibawa saat masyarakat ingin mendapatkan jenis layanan yang diinginkan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarbaru.
  3. Mensosialisasikan website SIPP Kemenpan-RB dan Aplikasi LAPOR kepada Masyarakat terkait Kelengkapan berkas yang harus dibawa oleh masyarakat untuk mendapatkan pelayanan dokumen kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarbaru dan Aplikasi LAPOR apabila Masyarakat merasa ada yang kurang pas atau kurang baik dalam pelayanan administrasi kependudukan.
  4. Penambahan fasilitas pendukung berupa kursi tunggu, pendingin ruangan, fasilitas hiburan berupa televisi, tempat sampah sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan pada Dinas.

Copyright © Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarbaru. 2019. Theme Design by Rian