Selasa, 06 Oktober 2020 - 13:55:14 WITA
Nilai Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Tahun 2020Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita - Dibaca: 144 kali

Nilai Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Tahun 2020 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarbaru adalah 82,06 yang artinya Baik. Hasil ini sesuai dengan ketetapan PERMENPAN RB No.14 tahun 2017 dimana nilai Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) berada pada Interval 76,61 – 88,30 sehingga mutu pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarbaru dinyatakan B atau Kinerja Pelayanan Kependudukan Baik. Berdasarkan hasil perhitungan nilai survei Kepuasan Masyarakat Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarbaru terdapat perbandingan penilaian unsur tertinggi dan terendah didalamnya. Unsur tertinggi dalam penilaian kepuasan masyarakat ada pada unsur Kewajaran Biaya/Tarif dalam Pelayanan. Pada unsur kewajaran Biaya/Tarif dalam pelayanan mendapatkan nilai 3,97. Hasil ini menunjukan bahwa mutu pelayanan dalam hal Kewajaran Biaya/Tarif dalam Pelayanan berada pada interval 88,31 – 100 dengan nilai mutu pelayanan A yang artinya Kewajaran Biaya/Tarif dalam Pelayanan Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarbaru sudah SANGAT BAIK. Kemudian pada unsur terendah terdapat pada unsur kesesuaian persyaratan dengan jenis pelayanan yang mendapatkan nilai 3,01. Hasil ini menunjukan bahwa unsur tersebut berada di interval 76,61 – 88,30. Berdasarkan hasil tersebut walaupun kedua unsur tersebut mendapatkan nilai terendah dalam nilai interval tetapi mutu pelayanan masih dinilai BAIK. Adapun penyebab unsur ini mendapatkan nilai terendah berupa kesesuaian persyaratan pelayanan dengan jenis pelayanannya disebabkan beberapa hal antara lain : 1. Pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 96 Tahun 2018 tentang Persyaratan dan Tata cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil, dimana terjadi ketidaksesuaian pelayanan dengan jenis pelayanan berupa pengantar RT yang masih diserahkan oleh masyarakat kepada petugas Front office sedangkan sudah tidak menggunakan pengantar RT lagi. 2. Sebagian masyarakat belum memahami standar pelayanan (SP) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarbaru sehingga sering kali masyarakat bolak balik ke Disdukcapil akibat kesalahan persyaratan dokumen yang dibawa sehingga masyarakat merasa di persulit padahal disdukcapil melayani masyarakat sesuai dengan SOP dan SP yang ditetapkan. Untuk tindak lanjut perbaikan yang direkomendasikan adalah berdasarkan keluhan dan saran yang diambil dari kesimpulan penilaian diatas, yaitu sebagai berikut: 1) Memperbaiki fasilitas sarana dan prasarana penunjang yang dirasa kurang baik oleh masyarakat seperti penambahan brosur/pamflet diruang pelayanan terkait sosialisasi Peraturan Presiden Nomor 96 Tahun 2018 tentang Persyaratann dan Tata cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil agar dapat dibaca dan dipelajari oleh masyarakat umum. 2) Menempatkan buku saku terkait standar Pelayanan dokumen kependudukan di ruang pelayanan agar masyarakat dapat mengetahui persyaratan pembuatan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil. Adapun Saran dan Apresiasi dari responden / masyarakat yang telah mengisi kuisioner SKM yang telah diberikan oleh petugas survei dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarbaru sebagaimana terlampir. Terkait hal ini kami dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarbaru akan menindaklanjuti hal ini dan atas apresiasi dari Masyarakat yang telah memberikan pendapatnya sebagai responden kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya.


Copyright © Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarbaru. 2020. Theme Design by Rian